Kamis, 27 Agustus 2009

Pekan Budaya Pacu Jalur

Juwita Ningsih
XII IPA 1
Kesenian

Ronaldo Rozalino,S.Sn


Baru-baru ini telah diadakan sebuah tontonan yang spectaculer yang disebut dengan pacu jalur. pacu jalur merupakan sebuah kebudayaan kuantan singingi yang harus dilestarikan terutama bagi generasi muda.
menurut saya pacu jalur merupakan sarana refresing sebab pacu jalur dapat menghibur hati yang sedang gundah gulana atau stres dalam menjalani aktivitas sehari-hari yang melelahkan.Dengan menonton kegesitan dan semangat anak pacu kita menjadi antusias dan sejenak merilekskan badan.
Pacu jalur ini merupakan warisan kebudayaan dari nenek moyang kita dahulu terutama masyarakat Kuansing.Pacu jalur diadakan pada bulan agustus dilksanakan 4 hari.Katanya sih dahulu pacu ini diadakan bukan hanya unyuk memperingati hari kemerdekaan RI tapi menghormati ratu belanda. T api seiring berjalannya waktu pacu jalur lebih dikenal untuk memperingati HUT RI .
Tidak dapat dipungkiri di area pacu jalur sangat panas dan beribu-ribu orang ada di sana jadi sempit banget terutama pada hari terakhir.
pacu sudah terkenal di mana-mana buktinya selain dari masyarakat Kuansing ada juga wisatawa asing datang ke situ.
duh.... bangganya punya kebudayaan yang telah diakui seluruh dunia.sebagai masyarakat yang baik,pertahankan kebudayaan yang fantastic...

KUANSING KOTA JALUR,MAJU TERUS PANTANG MUNDUR...!!!!

0 komentar:

Posting Komentar